Jumat, 06 April 2018

Resep Cara Membuat Minuman Bajigur Khas Priangan

Info Resep - Bajigur merupakan sebuah minuman dari daerah Sunda, yang memiliki cita rasa yang sangat khas. Minuman dengan rasa santan yang kental ini, sangat disukai oleh banyak orang, tidak hanya oleh orang Sunda sendiri. Tatkala musim penghujan tiba, itu merupakan waktu yang sangat cocok, untuk menikmati minuman satu ini. Cita rasa Bajigur sudah banyak diakui oleh orang-orang di indonesia.


Meskipun resep cara membuat bajigur disini terbilang mudah dan gampang, namun rasanya tidak akan kalah dengan rasa bajigur yang sering Anda beli, terlebih dari bajigur instan atau dalam kemasan.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan  :
  • 2 sendok makan Kopi bubuk hitam
  • 1 liter Santan kelapa kental
  • 100 gram Gula jawa merah yang sudah diiris halus
  • 2 sendok makan Gula pasir
  • 1/2 sendok teh Garam halus
  • 2 lembar Daun pandan yang diikat membentuk sampul
Cara Untuk Membuat Bajigur :
  1. Siapkan panci, dan rebuslah air santan kental, sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.
  2. Masukan gula jawa merah kedalam rebusan santan, kemudian masukan juga kopi hitam, serta gula pasir putih, aduk-aduk kembali secara terus-menerus. Gunakan api kecil dalam proses pembuatannya.
  3. Kemudian aduk-aduk terus campuran santan dan bahan-bahan lainnya tadi, hingga benar-benar mendidih. Pastikan campuran tersebut tidak menempel dibagian sisi panci.
  4. Setelah benar-benar mendidih, masukan daun pandan kedalam air campuran yang sudah matang tadi, kemudian tambahkan garam halus untuk memperkuat rasa gurihnya. Tunggu sampai tercium bau harum.
  5. Setelah tercium bau harum, saringlah Bajigur agar tampilannya tidak terlalu keruh, oleh serat gula merah.
  6. Dan Bajigur hangat siap dinikmati.
Lebih sedap meminum Bajigur ini di malam hari, terlebih ketika hujan turun. Anda juga dapat minum bajigur sambil makan makanan ringan lainnya, seperti kacang rebus, ubi rebus, singkong rebus, pisang rebus dan lain sebagainya. Jika cuaca panas anda bisa mencoba membuat es goyobod joss yang membuat sueegerrr.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan ada link aktif di kolom komentar yaaa gaaeeessss